Peringati Hari Sumpah Pemuda, Polres Jember dan RTIK Jember Gelar Deklarasi Melawan Hoax


LokalKarya.com – Minggu, 29 Oktober 2017, sudut barat alun-alun Kota Jember nampak ramai dikunjungi warga sekitar yang pagi itu juga sedang menikmati Car Free Day (CFD). Terlihat tak hanya warga yang asyik menikmati CFD bersama keluarga, ada beberapa kelompok masyarakat yang mengenakan seragam sama, yang tak lain mereka adalah gabungan dari beberapa komunitas, pelajar, organisasi mahasiswa, organisasi kepemudaan, dan para pegiat sosial media yang sedang menghadiri acara “Deklarasi Masyarakat Jember Bersama Melawan Hoax”.
Arek lokal pasti penasaran kan acaranya seperti apa? Acara ini merupakan ide kreatif dari sekelompok pemuda yang tergabung dalam Relawan Teknologi Informasi (RTIK) Cabang Jember yang bekerjasama dengan Polres Jember dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Acara yang bertajuk Turn Back Hoax ini merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat serta mengajak untuk ikut peduli dan bersama-sama memerangi persebaran ujaran kebencian dan informasi-informasi hoax yang saat ini sedang marak tersebar di media sosial.
Acara dibuka langsung oleh Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo dengan menempelkan hand print di papan deklarasi setelah itu dilanjut dengan membubuhkan tanda tangan. Kegiatan tersebut kemudian diikuti oleh semua peserta yang hadir dan warga sekitar yang menikmati CFD. Selanjutya, penonton yang hadir disuguhkan sebuah aksi teatrikal dengan menampilkan berbagai properti hukuman penjara bagi para pelaku penyebar hoax dan pengujar kebencian. Hal tersebut juga sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi UU ITE kepada masyarakat.
Selengkapnya tulisan saya bisa dibaca di portal berikut :

0 Komentar