Pegiat Sosial Bangun Sinergi Melalui Jambore Komunitas se-Jember



nurdienisme.com- Jember, selain dikenal sebagai kota karnaval karena memiliki pagelaran karnaval tingkat Internasional seperti JFC, juga dikenal sebagai Kota Pandhalungan karena pertemuan dua budaya besar yaitu Jawa dan Madura yang hadir menjadi bagian dari proses akulturasi budaya di tempat ini. Jember merupakan ruang geo-kultural yang mempertemukan dan mendialogkan beragam komunitas dan budaya di dalamnya. 

Selain dua hal tersebut, Jember juga kini ramai dengan gerakan-gerakan sosial (social movements) yang diinisiasi oleh kelompok-kelompok masyarakat. Gerakan ini tentu bukan sekedar kerumunan massa yang tidak memiliki bentuk organisasi, sangat cair, meletup dan hilang secara tiba-tiba. Tapi gerakan yang akhir-akhir ini hadir di Jember adalah sebagai sebuah respon dari masyarakat dan menjadi jalur alternatif yang ditempuh untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat sistem politik formal. 

Maka tak ayal, banyak gerakan - gerakan sosial di masyarakat yang tumbuh dan berkembang secara meluas untuk melengkapi berbagai kekurangan dalam lini-lini kehidupan masyarakat, baik itu bidang pendidikan, lingkungan dan lain sebagainya.  

                                                                                      ****************



Di penghujung tahun 2018, tepatnya pada tanggal 29 Desember 2018 sekitar 20 lebih komunitas dari berbagai bidang kegiatan berkumpul dalam sebuah pertemuan lintas komunitas se-Jember yang mereka sebut "Jambore Komunitas". Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Rumah Pintar Jember, sebuah komunitas yang berfokus pada isu-isu pendidikan. Rumah Pintar Jember terletak di Dusun Sumber Pinang, Desa Karang Harjo, Kecamatan Silo, sebuah kecamatan di Jember bagian timur. Letak geografis Rumah Pintar Jember yang cukup indah membuat acara pada hari itu berlangsung santai dan khidmat.

Rumah Pintar tampak depan. 


Rumah Pintar Jember  sebagai tempat bermain dan belajar memiliki sebuah bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat belajar anak-anak desa sepulang sekolah, juga memiliki sepetak lahan yang dikelilingi pepohonan dan tanaman hias yang digunakan sebagai lapangan bermain anak-anak di sela-sela waktu belajar mereka. Yang menarik dari tempat ini adalah letaknya yang berada di tepi sawah dan sekelilingnya terdapat pepohonan Kopi dan Sengon. Menuju Rumah Pintar harus melewati jalan kecil di tengah area persawahan.


  
 Salah satu pojok baca Rumah Pintar Jember.



Jalan kecil dikelilingi persawahan menuju Rumah Pintar.


 Acara yang digelar pagi sampai siang hari ini mempertemukan sejumlah komunitas dengan ragam sektor gerakan. Sejumlah komunitas yang hadir bergerak pada sektor pendidikan, lingkungan, kesenian, dan  sejumlah komunitas hobi. Selain itu hadir beberapa startup bisnis dan awak media yang tertarik nimbrung dalam acara tersebut.


Sambutan dari panitia penyelenggara



Pada kegiatan ini, selain acara temu antar komunitas juga diisi oleh diskusi yang menghadirkan David K. Susilo SET. MM,  Sekjend Asosiasi Karnaval Indonesia dengan mengangkat tema "Revolusi Industri 4.0 ". Diskusi yang berlangsung salah satunya membahas bagaimana sinergitas antara kelompok masyarakat yang dalam hal ini para pegiat komunitas sosial dalam merespon segala  perubahan pada era Revolusi Industri 4.0. 

David K. Susilo memberi materi pada sesi diskusi

Setelah diskusi selesai, sesi berikutnya adalah perkenalan masing-masing komunitas. Setiap komunitas memperkenalkan diri dan kegiatan yang mereka lakukan di komunitasnya masing-masing. Kegiatan Jambore Komunitas ini diselenggarakan dengan tujuan mewadahi pertemuan komunitas-komunitas yang ada di Kabupaten Jember. Banyaknya komunitas sosial yang bergerak pada bidangnya masing-masing dianggap perlu dipertemukan agar dapat membuka peluang sinergi satu sama lain. Selain itu, kegiatan ini juga mempunyai maksud untuk menyusun Kalender Event 2019, yaitu kegiatan semua komunitas yang hadir pada acara Jambore ini akan disusun perbulan dari bulan Januari-Desember 2019. Tujuannya agar terbukanya ruang koneksi antar komunitas dengan saling mengetahui kegiatan masing-masing. Dengan adanya Kalender Event ini akan mempermudah masyarakat baik yang tergabung dalam komunitas maupun masyarakat umum untuk mengetahui kegiatan-kegiatan sosial yang ada di Jember. 

Sesi perkenalan, perwakilan dari GENBI (Generasi Baru Indonesia) memperkenalkan dan menjelaskan kegiatan yang mereka lakukan.
 Sejumlah komunitas yang hadir pada acara Jambore Komunitas adalah sebagai berikut : turuntangan JemberKelas Inspirasi JemberKomunitas Jendela JemberSwayanaka JemberUnej MengajarSekolah Alam RayaNur Fadli FoundationPeace Leader JemberGENBI JEMBERNU Youth CareGrebeg SedekahAnak Hebat CondroLab Teater 56, KPSGJ, Jember Fruit Carving, Kopi Hitam, Bedhag Kopi, Komunitas ABK Jember, Doodle Art JemberJember BerkebunUKM Dinding, UKMK Etalase, UKMK Jantung Teater, Soka RadioJember 1 TVRumah Pintar Jember

Sobat pembaca dapat melihat dan mengetahui kegiatan masing-masing komunitas di Jember, khususnya yang berkesempatan hadir pada acara Jambore Komunitas dengan meng-klik nama komunitasnya pada tulisan di atas :).

Nantikan kolaborasi mereka..... :)


Sampai jumpa, sampai bertemu dalam kolaborasi selanjutnya






salam,


2 Komentar

  1. Masyaa Allah semangatnya. Semoga bisa melahirkan suatu kolaborasi yg berdampak buat masyarakat khususnya Jember. Insyaa Allah next bs gabung :)

    BalasHapus
  2. Di Tunggu kak @Prita Hw untuk berkolaborasi­čść

    BalasHapus